Susi Air Diusir Dari Bandara Malinau

Maskapai Penerbangan Susi Air Diusir Dari Bandara Malinau Kalimantan Utara

WARTAONEMERAH - Maskapai Susi Air diusir dari hanggar Bandara Malinau, Kalimantan Utara, Rabu (2/2). Sebanyak 3 pesawat yang tengah terparkir di hanggar ditarik keluar secara paksa oleh sejumlah anggota Satpol PP.

Belakangan diketahui, 2 dari 3 pesawat tersebut masih dalam tahap perbaikan. Seluruh pesawat ditempatkan di luar hanggar tanpa atap ataupun penutup.

Maskapai Susi Air sudah menyewa hanggar Malinau selama 10 tahun. Dia mengatakan kontrak Susi Air untuk hanggar Malinau berakhir 31 Desember 2021.

Kuasa hukum Susi Air, Donal Fariz, mengatakan Susi Air selama ini membayar Rp 33 juta per bulan untuk menyewa hanggar. Donal juga menyebut Pemkab Malinau telah meneken kontrak dengan maskapai lain pada Desember 2021 sebelum kontrak Susi Air habis.

"Kami mengetahui pada Desember 2021 juga Pemkab membangun perjanjian sewa hanggar dengan pihak lain. Jadi belum berakhir kontrak dengan Susi Air tapi Pemkab justru menandatangani perjanjian dengan maskapai penerbangan lain yang maskapai ini tidak melayani penerbangan untuk masyarakat di wilayah Malinau dan sekitarnya," ucapnya.

Sementara menanggapi pengusiran tersebut, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti yang juga pemilik dari Susi Air mengungkapkan responnya di akun twitter pribadinya.

"Sering kali ada kejutan dalam hari-hari kita," ungkap Susi di akun Twitternya.

"Kejutan hari ini saya dapat video dari anak saya tentang pesawat Susi Air dikeluarkan paksa oleh sekumpulan Satpol PP dari Hanggar Malinau," imbuhnya.

Padahal menurutnya, Susi Air sudah 10 tahun melayani rute reguler dan perintis dari Bandara Kolonel RA Bessing Malinay, Kalimantan Utara.

Pengusiran tersebut diduga dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Malinau.

"Kuasa, wewenang begitu hebatnya. Apa yang kau lakukan 10 tahun terbang dan melayani wilayah Kaltara yang sulit dijangkau, ternyata..," ungkap Susi.

Pada cuitannya, Susi menyematkan dua video yang menampilan puluhan Satpol PP tengah menarik paksa pesawat Susi Air dengan alat berat.

Cuitan Susi tersebut tentu mendapatkan berbagai respons dari warganet.

"Saya yakin dengan adanya kejadian ini tidak menggetarkan hati ibu untuk tetap mengkritik pemerintah," komentar warganet.

"Miris," imbuh warganet lain.

"Baru tahu lalu Satpol PP juga bisa action di bandara," tambah warganet lain.

"Satpol PP ini kedudukannya gimana sih, enggak paham jadinya," tulis warganet di kolom komentar.

Saat berita ini dibuat, video yang diunggah Susi telah ditonton lebih dari 55 ribu kali.

Penulis:
Editor: Angga
Sumber: Suara.com

Baca Juga