Pokdarkamtibmas mitra polri yang peduli keamanan dan ketertiban

Kapolres Metro Jakarta Selatan Lantik Dan Kukuhkan Pokdarkamtibmas Resort Jakarta Selatan

WARTAONEMERAH -

Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdarkamtibmas) merupakan kelompok masyarakat yang peduli akan ketertiban dan keamanan lingkungan masyarakat adalah mitra dari instansi Kepolisian.

Agar kemitraan lebih erat,maka acara pelantikan dan pengukuhan Pokdarkamtibmas masa bakti 2022-2026 ini dipimpin langsung oleh Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi,S.H.,S.I.K.,M.H. didampingi oleh Ketua Pokdarkamtibmas Daerah Metro Jaya,Prof,Dr.Ir.H.Djoko Setyo Widodo,di Aula Lantai 4 Mapolres Metro Jakarta Selatan,Kamis (10/11/22) siang.

Kegiatan tersebut dihadiri juga oleh Komandan Kodim 0504/Jakarta Selatan yang diwakili oleh Mayor Lucky,Kasat Binmas Polres Metro Jakarta Selatan Kompol Arif Budiyanto,S.H.,S.I.K.,M.Si. dan para Pejabat Utama Polres Metro Jakarta Selatan,Kejaksaan Negri Jakarta Selatan yang diwakili oleh Bapak Didi,Ketua Pokdarkamtibmas Nasional H.Agenanda Djatmika,Para Kapolsek se-Jakarta Selatan didampingi Kanit Binmas serta Ketua Sektor Pokdarkamtibmas Se-Jakarta Selatan.

Kapolres Metro Jakarta Selatan dalam sambutannya,mengucapkan selamat atas pengukuhan POKDARKAMTIBMAS Resor Jakarta Selatan,yang adalah mitra kepolisian bertugas untuk membantu menciptakan situasi yang aman dan tertib di lingkungan masyarakat.

" Dengan terbentuknya Kelompok Sadar Kamtibmas (Pokdarkamtibmas) ini bisa membantu Polri dalam mengingatkan dan mengajak masyarakat lainnya,makin banyak masyarakat yang mengajak masyarakat lain untuk mengajak berbuat positif dalam menciptakan setuasi Kamtibmas yang tentunya ini akan berpengaruh kepada setuasi wilayah khususnya Jakarta Selatan dan hal ini dilakukan adalah semata-mata untuk kepentingan masyarakat,bukan kepentingan Pokdarkamtibmas,bukan kepentingan Polri/Tni maupun pemerintah tapi kepentingan kita bersama seluruh warga Jakarta Selatan." Ucapnya.

Waktu yang sama,Ketua Pokdarkamtibmas Daerah Metro Jaya menerangkan,bahwa Polri telah membentuk kelompok sadar Kamtibmas yang telah dituangkan dalam aturan keputusan Kapolri tentang pengukuhan dan pembinaan kelompok sadar Kamtibmas dengan visi,menjadi sahabat dan menjalin kemitraan masyarakat dengan Polri dalam peningkatan kesadaran hukum dan mencegah tangkal gangguan Kamtibmas dengan hadir ditengah masyarakat untuk memberikan penyuluhan dalam peningkatan kesadaran Kamtibmas,membangun komunikasi dengan efektif dengan masyarakat kelompok atau komunitas,membangun dan mengembangkan kemitraan dengan segenap komunitas dalam memilihara setuasi kamtibmas dan partisipasi masyarakat dalam menumbuh kembangkan daya cegah tangkal dini terhadap segala bentuk gangguan Kamtibmas.

" Tentunya sangatlah diharapkan untuk membantu kepolisian dalam menjalankan KAMTIBMAS dan membantu program-program kegiatan pemerintah ataupun Polri untuk bisa menciptakan setuasi Kamtibmas yang kondusif. " Terangnya.

Lanjutnya,Kita harus menjaga organisasi dengan kata dan perbuatan dan jangan sampai menodai organisasi dimana kegiatan kita adalah sosial.Alhamdulillah anggota pokdar tidak ada yang terkibat kriminal,itu artinya kami sangat menjaga sebagai mitra polri,makanya anggota pokdar ada dimana saja dan dari kalangan apa saja.

" Kita jaga nama baik pokdarkamtibmas,dengan slogan Pokdarkamtibmas,Jaya di darat jaya di udara." Lanjutnya.

Ketua Pokdarkamtibmas Nasional,berpesan kepada ketua dan pengurus yang telah dilantik untuk tetap menjaga amanah dalam membantu tugas polri.

" Ketua Pokdarkamtibmas maupun para pengurus yang hari ini dilantik dan dikukuhkan bisa amanah dan membantu serta saling sinergi yang baik pada jajaran di masing-masing wilayah,Jelang Natal dan Tahun Baru,Pokdarkamtibmas diharapkan akrif dalam membabtu polri untuk menciptakan keamanan dan kondusifitas di wilayah,dengan kepengurusan yang baru, dapat lebih maksimal lagi." Jelasnya.

Sementara itu Ketua Pokdarkamtibmas Metro Jakarta Selatan H.Deden Suparman,mengucapkan terima kasih kepada Kapolres beserta jajaran yang telah mewujudkan acara pelantikan ini dan sangat di harapkan bantuan serta bimbingannya kepada anggota Pokdarkamtibmas jakarta Selatan,agar bisa menjalankan tugasnya sebaik mungkin di wilayah Hukum Polres Metro Jakarta Selatan.

Penulis:

Baca Juga