Berikut Amalan Baik Saat Bulan Rajab

Amalan Baik Saat Bulan Rajab
Amalan Baik Saat Bulan Rajab

WARTAONEMERAH - Awal bulan Rajab jatuh pada hari ini Selasa, 2 Februari 2022. Bagi umat Islam, bulan Rajab termasuk salah satu bulan mulia selain 3 bulan lainnya, yakni Muharam, Dzulqaidah dan Dzulhijjah.

Tak hanya itu, bulan Rajab juga memiliki keistimewaan seperti ada malam mustajab doa, bulan ibadah, bulan penuh kebaikan, penuh berkah.

Kemudian bulan Rajab juga ada peristiwa agung yakni Isro Miraj Nabi Muhamamd SAW.

Dimana saat itu Nabi Muhammad SAW menerima perintah sholat lima waktu langsung dari Allah SWT.

Dengan begitu, sayang kiranya jika kita begitu saja melewatkan bulan Rajab tanpa melakukan amalan - amalan baik yang disunnahkan dan Allah SWT janjikan akan mendapat pahala berlipat.

Agar dapat berkah maksimal dari bulan Rajab ini, ada amalan baik yang dianjurkan menurut Ustadz kondang yakni Abdul Somad atau biasa disapa UAS.

Ia mengatakan Rajab artinya 'Tarjib' artinya agung, tinggi, hebat, bulan Rajab bulan yang tinggi, bulan yang hebat yang dipilih oleh Allah SWT.

Dilansir Arahkata dari kanal YouTube Taman Surga, Rabu 2 Januari 2022, berikut ini empat amalan baik yang dianjurkan saat bulan Rajab agar semakin afdol menurut Ustadz Abdul Somad.

1. Melaksanakan puasa

Menurut ustadz Abdul Somad, di bulan Rajab ini, tidak saja melaksanakan puasa Rajab, namun juga bisa melakukan qadha puasa Bulan Ramadhan di Bulan Rajab.

2. Perbanyak sholat sunnah

Salah satunya menurut UAS, adalah melaksanakan sholat sunnah wudhu.

Suatu ketika Rasulullah SAW bertanya kepada Bilal, bahwa Dia mendegar gesekan sandalnya di surga. Lalu Rasulullah bertanya, “Bilal amalan apa yang kamu lakukan sehingga gesekan sandalmu terdengar di surga?” Bilal menjawab, “Aku tak pernah meninggalkan sholat sunnah wudhu’’.

“Tidak hanya sholat sunnah Wudhu, banyka sholat sunat lain seperti, Sholat sunnah rawatib, sunnah masjid, sholat sunnah duha, dll. Intinya perbanyak sholat sunnah,” kata UAS.

3. Membaca Al Quran

Pada bulan Rajab yang istimewa ini, isilah waktu-waktu luang kita dengan membaca Al Quran.

Jangan sia-siakan waktu untuk dipergunakan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat.

4. Memperbanyak dzikir

Kalimat-kalimat dzikir yang bisa dilakukan diantaranya: Subhanallah, Alhamdulillah, La ilaha ilallah, Allahu Akbar. Tidak hanya itu dzikir juga bisa mengucapkan Astaghfirullah, Sholawat, dan lain-lain.

“Sebanyak mungkin 100x 1.100x dan saterusnya,” ucap UAS.***

Penulis: Marel Assegaf
Editor: Ahyar

Baca Juga