Tingkatkan pemahaman tentang tugas dan fungsi mitra polri

𝙆𝙚𝙩𝙪𝙖 𝙋𝙤𝙠𝙙𝙖𝙧𝙠𝙖𝙢𝙩𝙞𝙗𝙢𝙖𝙨 𝘿𝙖𝙚𝙧𝙖𝙝 𝙈𝙚𝙩𝙧𝙤 𝙅𝙖𝙮𝙖,𝙂𝙚𝙡𝙖𝙧 𝘽𝙞𝙢𝙗𝙞𝙣𝙜𝙖𝙣 𝙊𝙧𝙜𝙖𝙣𝙞𝙨𝙖𝙨𝙞 𝙋𝙤𝙠𝙙𝙖𝙧𝙠𝙖𝙢𝙩𝙞𝙗𝙢𝙖𝙨 𝙈𝙚𝙩𝙧𝙤 𝘿𝙚𝙥𝙤𝙠

WARTAONEMERAH -

Dalam rangka meningkatkan pemahaman tentang tugas dan fungsi sebagai mitra Polri,Pokdarkamtibmas Resor Metro Depok ,menggelar Bimbingan Organisasi bertempat di Balai Rakyat Depok,Jalan Jawa,Beji,Kota Depok,Jawa Barat,Minggu (13/11/22) pukul 08.00 WIB.

Kegiatan tersebut,diikuti oleh Anggota Pokdarkamtibmas yang tergabung dalam 11 kecamatan yaitu Kecamatan Sawangan,Kecamatan Bojongsari,Kecamatan Pancoran Mas,Kecamatan Cipayung,Kecamatan Sukmajaya,Kecamatan Cilodong,Kecamatan Cimanggis,Kecamatan Tapos,Kecamatan Beji,Kecamatan Limo dan Kecamatan Cinere.

Bimbingan Organisasi ini menjadi penyegaran pemahaman guna meningkatkan kinerja dan menjadi ruang silaturahmi Anggota Pokdarkamtibmas.

Ketua pelaksana Bimbingan Organisasi,Bapak Sigit Dwi Prihanto,mengatakan,kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman para anggota Pokdarkamtimbas tentang tugas dan fungsinya sebagai mitra polisi.

Materi kegiatan meliputi sosialiasai Anggaran Dasar dan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (ADART) Pokdarkamtibmas dan pemahaman teknis operasional di lapangan.

Salah satunya,kami sampaikan materi tentang penggunaan handytalkie (HT) yang jadi senjata tim Pokdarkamtias.Kami harap,mereka dapat menggunakan senjatanya ini dengan baik." Ucapnya.

Sigit berharap,para anggota Pokdarkamtibmas dapat meningkatkan semangat dan efisiensi kerjanya di lapangan,terlebih mereka akan menghadapi sejumlah momen penting dalam waktu dekat,seperi Natal,Tahun Baru dan Pemilihan Umum (Pemilu).

Jadi,kami harap mereka dapat bekerja sama dengan kepolisian dengan lebih efektif dan efisien." Harapnya.

Narasumber dalam Bimbingan Organisasi ini yaitu Ketua Pokdarkamtibmas Daerah Metro Jaya,Prof.Dr.Ir.H.Djoko Setyo Widodo.SE.,MM.,MSC.,CHRA.,berpesan agar seluruh Anggota Pokdarkamtibmas dapat selalu solid dan selalu menjadi media informasi bagi masyarakat luas tanpa melupakan landasan Hukum dan Peraturan yang berlaku.

" Sebagai bagian terpenting dari masyarakat,sudah sewajarnya bila Anggota Pokdarkamtibmas harus peka terhadap lingkungan sekitarnya serta siap membantu dan tampil dengan penuh rasa tanggung jawab " Pesannya.

Prof Djoko,menerangkan,Pokdarkamtibmas merupakan kelompok masyarajat yang sangat berperan dalam membantu masyarakat,khususnya ikut serta dalam upaya membantu Polri menciptakan lingkungan yang aman dan tertib dengan menyampaikan informasi melalui Handy Talkie (HT).

" Dengan kode etik dalam penyampaian tersebut,dapat berkomunikasi dengan bahasa sandi atau bahasa indonesia yang baik dan benar serta menjaga sopan santun,sehingga dapat didengar dengan baik oleh masyarakat "  Terangnya.

Prof Djoko,selaku Ketua Pokdarkamtibmas Daerah Metro Jaya,sangat mendukung peran aktif Anggota Pokdarkamtibmas Resor Metro Depok,dan ditingkatkan kinerja pengurus dan Anggota dapat menjalankan Pokdarkamtibmas sesuai dengan visi misi.

" Anggota Pokdarkamtibmas agar dapat menjaga komunikasi yang baik dengan Kepolisian dan Tiga Pilar serta sesama Anggota agar distribusi informasi dapat terjalin dengan baik " Imbuhnya.

Prof Djoko,menjelaskan Pokdarkamtibmas merupakan bagian penting dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan,sebab mereka perpanjangan tangan Kepolisian yang berkontribusi menyalurkan informasi terkini di lingkungan masyarakat.

" Pokdarkamtibmas dapat terus berkontribusi menjaga kamtibmas,sebab tidak jarang Kepolisian mendapat informasi penting tentang suatu persoalan,yang bahkan tidak dapat dari masyarakat umum." Jelasnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini,Kapolres Metro Depok Kombes. Pol. Imran Edwin Siregar, S.I.K. yang diwakili okeh Kasatbinmas Polres Metro Depok AKBP Subandi,dan para anggota Pokdarkamtibmas peserta Bimbingan Organisasi.

Penulis:

Baca Juga